Menghipnosis Anak Dengan Cara Membawanya Ke Dunianya - Integra Institute

Menghipnosis Anak Dengan Cara Membawanya Ke Dunianya

Posted by: Admin
Category: Hypnosis & Hypnotherapy

Kita akan kesulitan menghipnosis anak jika kita membawanya (anak) ke dunia kita. Namun kita akan menemukan banyak kemudahan jika kita masuk kedunianya (anak) baru kemudian membawanya ke dunia kita.

Statmen di atas disampaikan dan dipopulerkan oleh seorang Bobbi DePorter, Pakar Quantum Teaching. Seseorang yang tidak hanya dikenal sebagai pakar tetapi sangat cocok untuk disebut sebagai seorang ahli. Dan kabar baiknya apa yang disampaikan oleh Bobbi ini sangat cocok dengan nafas dari hipnosis dan hipnotherapi itu sendiri.

Salah satu kecocokannya terlihat dari salah metode hipnosis yang sangat akrab ini, “Berpusat

pada Klien (orang yang dihipnosis atau diterapi)”. Nah jika ternyata ada kecocokan antara metode dalam hipnosis dan quantum teaching, ternyata metode ini tidak hanya cocok tetapi juga sangat akrab dalam dunia pendidikan, yaitu metode “student center (pembelajaran yang berpusat pada peserta didik)”.

Apakah sekarang kita menjadi semakin yakin? Tentu saja. Namun bagaimana caranya? Sangat simpel dan mudah. Mengapa? Karena kita akan menggunakan segala sesuatu yang dekat dengan anak (dunia anak) untuk kita manfaatkan. Khususnya dalam proses hipnosis dan hipnotherapi anak.

Lebih tepatnya bagaimana? Kita dapat menginduksi anak dengan memanfaatkan kesenangan dan hobi sang anak. Misalnya memanfaatkan alat permainannya seperti bola, boneka, sepeda, dsb. Memanfaatkan hobinya seperti menonton TV, main game, dsb.

Prakteknya Bagaimana?

Kita dapat menggunakan teknik 3 M untuk menghipnosis anak. Yaitu menggali, menentukan dan memanfaatkan.

Mari kita cermati bersama setiap tahapannya supaya kita berhasil mendapatkan inti sarinya :

  • Menggali

Temukan berbagai alat permainan atau hobi sang anak. Bagaimana caranya? Bisa dengan bertanya kepada orang tuanya atau langsung bertanya kepada sang anak. Temukan sebanyak-banyaknya jawaban. Misalnya hobi sang anak adalah memonton TV, sepak bola, bermain game, dsb.

  • Menentukan

Pilih salah satu hobi anak yang akan kita gunakan untuk menghipnosis sang anak. Kita perlu menemukan hobi yang paling dominan dan disukai oleh anak. Misalnya hobi tersebut adalah memonton TV. Nantinya kita gunakan hobi ini untuk menginduksi (menghipnosis) anak.

  • Memanfaatkan

Manfaatkan

hobi menonton TV anak untuk menghipnosis anak. Bagaimana caranya? Minta anak duduk dengan nyaman, fokus dan santai. Kemudian minta anak untuk menutup mata. Setelah itu minta anak untuk membayangkan sedang menonton TV. Tanyakan dengan jelas apa yang sedang ia lihat dan ia tonton. Pastikan jika anak benar-benar membayangkan dan terlibat dalam prosesnya.

Pada saat yang bersamaan (ketika anak menonton TV dalam pikirannya) masukkan sugesti terapi kepada sang anak. Setelah selesai, tanyakan apa tayangan TV nya masih? Jika masih biarkan anak menyelesaikannya. Baru kemudian kita pandu untuk membuka mata kembali dan proses terapi selesai.

Membawa anak ke dunianya adalah salah satu alternatif teknik yang dapat digunakan untuk menghipnosis sekaligus menerapi anak. Jika cara lain kita rasa kurang efektif, siapa tahu jika cara ini menjadi sangat efektif. Teruslah mencoba sampai tujuan yang kita inginkan tercapai. Seperti menghipnosis dan menerapi anaka dengan hipnotherapi.

028/H

Author: Admin

Leave a Reply