RANGKULLAH BAYANGANMU - Integra Institute

RANGKULLAH BAYANGANMU

Posted by: Admin
Category: Life Oracle

By Fiona Wang

“One does not become enlightened by imagining figures of light, but by making the darkness conscious. The latter procedure, however, is disagreeable and therefore not popular.” (Carl Jung)

Untuk mendapatkan Inner Power, mengenal dan mencintai diri seutuhnya, sangatlah penting untuk memahami semua aspek dari sisi terang dan sisi gelap kita, mampu merangkul cahaya dan bayangannya. Menurut Carl Jung, The shadow adalah ‘sisi gelap’ dari kepribadian kita – gelap karena cenderung didominasi oleh dorongan yang dilabel negative seperti nafsu seksual, kekuasaan, keegoisan, keserakahan, iri hati, sifat-sifat yang dianggap tidak tercerahkan, dan jauh dari kesadaran.

Sisi bayangan ini terdiri dari aspek-aspek dalam diri kita yang kita tolak, pengennya aspek-aspek ini dikubur, dan buang jauh-jauh saja. Sayangnya semakin kuat kita menekannya, seperti bola plastik yang ditekan ke dalam air, ketika lepas ia akan memantul ke permukaan dengan semakin kuat juga. Mengapa kita berusaha menguburnya? Karena kita begitu ingin diterima dan bisa diterima, baik oleh diri sendiri, orang lain, komunitas, social secara norma, hukum maupun agama.

Dengan begitu kita berusaha melepaskan diri dari sisi tersebut, yang karena satu hal, entah bagaimana di tataran nirsadar kita membuat muncul perasaan tidak diinginkan, tidak layak, salah, memalukan, tidak pantas dicintai, perasaan bersalah atau rusak. Supaya dapat lolos dari perasaan tidak nyaman tersebut, manusia lalu berusaha untuk menutupi, berusaha sangat keras untuk menyenangkan orang lain ataupun menolak mereka. Ketika melakukan ini, sebenarnya kita juga sedang memproyeksikan aspek-aspek yang tidak kita sadari dari diri kita tesebut kepada mereka.

Saya sering berjumpa dengan klien yang menjerit, “I hate my self” lalu menyemburkan apa yang tidak ia sukai dari dirinya, ada yang merasa dirinya jahat, tidak setia, egois, dll. Seringkali saking ingin menjadi sempurna, manusia lupa bahwa pertumbuhannya, kecantikan sejati, supaya bisa dicintai, dan lain-lain justru muncul dari kemampuan merangkul dan mengasihi kekurangan, ketidaksempurnaan dan keunikannya, bukan dengan cara menolak dan lari darinya. Sadari, akui terima keberadaan sisi Shadow dalam diri, dan satukan pikiran, perasaan dan spiritual.

Ketika dealing dengan sisi bayangan ini, jika kita hanya mengikuti perasaan saja, kita dapat menjadi sangat emosional, merasa ragu, insecure dan menjadi orang yang bergantung. Ketika hanya pikiran yang memimpin, kita dapat menjadi judgemental, suka mengendalikan dan terlalu analitis. Kita dapat menjadi terlalu mengendalikan logika, lupa membawa serta perasaan, intuisi dan kebijakan dalam pertimbangan. Nah kalau hanya sisi spiritual saja yang diandalkan, kita dapat menjadi orang yang tidak praktis, tidak realistis, dan pemimpi, tersesat dalam khayalan fantasi dan keinginan untuk ‘diselamatkan’. Intinya adalah untuk mampu memeluk bayangan ini perlu menciptakan hubungan yang seimbang yang sehat antara hati, pikiran dan spirit.

Selama ketiganya terpisah dan kurang komunikasi satu dengan yang lain, kita akan merasa ragu dan tidak yakin akan tindakan yang perlu diambil, bagaimana berhubungan dengan orang lain, dan bagaimana dapat hidup harmoni dengan diri sendiri. Sisi Shadow ini dapat mulai masuk ke tahap healing ketika kita mulai menanyakan pertanyaan dan menerima siapa sebenarnya diri kita. Agar memiliki Inner Power yang tinggi, kita perlu pindah dari fokus hidup di luar diri ke keterhubungan dengan tubuh, intuisi dan inner life. Yang dibutuhkan adalah membawa cahaya ke sisi bayangan dengan pola negatif yang sulit berubah ini, dan membantunya untuk menjadi dewasa.

Mari mulai memeluk the shadow kita masing-masing, dikenali, diterima, dan dibantu untuk sadar dan menjadi lebih baik. Kehadiran mereka adalah tanda bahwa kita masih manusia karena manusia tanpa bayangan hanya seperti karikatur dua dimensi saja. Namun, Anda tidak perlu mengijinkan mereka yang pegang kendali bukan? Anda hanya dapat memimpin mereka jika dapat merangkul mereka. Menolak dan menekan mereka hanya akan membuat mereka memberontak kuat dan menjadikan batin Anda menderita. Sudahkah Anda memeluk mereka pagi ini? Have a nice day kawan, accept who you are and who you meant to be.

#SelfLove
#SelfHealing
#EssentialHealingTechniques
#TranspersonalSelfMastery
#IntegraInsitute
#TheSecretOfLifeWellness
#EmbraceYourShadow
#InspiredByInnaSegal

 

Author: Admin

Leave a Reply