It takes Decision and Action! - Integra Institute

It takes Decision and Action!

Posted by: Admin
Category: Life Oracle
by Fiona Wang
Manakah yang lebih mudah? Membantu klien menyelesaikan Unresolved Past Issues atau Unresolved Present Issues? Bisa Anda tebak? Ya, betul, Unresolved Present Issues. Mengapa? Karena klien masih sedang menghadapi masalahnya bahkan kemungkinan masih akan menghadapi hal yang sama ke depan.
Kalau Unresolved Past Issues, setelah di bersihkan rootcaused nya dengan intervensi terapi, karena factor penyebabnya saat ini sudah tidak ada, symptom juga berhenti. Contoh, seseorang yang pernah mengalami trauma perampokan dan sekarang tidak berani berada di rumah sendirian. Setelah trauma dihilangkan, klien kemudian berani berada di rumah lagi sendirian.
Namun untuk Unresolved Present Issues, setelah trauma lalu nya di bersihkan, ketika klien pulang, kembali menghadapi masalah pemicu trauma yang sama. Saya sering menggunakan perumpamaan begini, ada semak mawar yang menutupi depan pintu rumah, ketika keluar masuk rumah harus melewati semak ini. Pagi keluar dari rumah kulit menjadi lecet tergores, setelah diobati, nanti sore pulang ke rumah muncul goresan-goresan baru lagi. Malam di obati, besok pagi harus keluar rumah melewati semak mawar ini lagi.
       Lalu kapan sembuhnya? Apa yang perlu dilakukan? Mengenakan jubah pelindung untuk melindungi? Menebang semaknya? Masih enak kalau semaknya dapat ditebang, seringkali semak ini bukan milik kita dimana kita tidak memiliki otoritas untuk menyentuhnya.
Contoh kongkretnya adalah seperti case ini, seseorang yang sedang mengalami kekerasan rumah tangga. Trauma kejadian-kejadian lalu bisa saja dibantu untuk dibersihkan namun tidak menutup kemungkinan kekerasan ini bisa berulang lagi dan menciptakan trauma baru. Untuk itu, dibutuhkan Decision, satu keputusan perlu dibuat untuk mengantisipasi dan menghadapi kemungkinan kedepan serta butuh Action atau tindakan kongkret untuk membawa yang bersangkutan berpindah ke zona aman. Dan tentu saja di antara Decision dan Action ini ada GOAL.
Bagaimana dengan kendala yang mungkin muncul dari timeline Future? Kecemasan, ketakutan menghadapi masa depan? Prinsipnya sama dengan Unresolved Present Issues. Seseorang yang memiliki sifat pencemas, khawatiran, mungkin pernah memiliki pengalaman tidak menyenangkan yang mengajarkan perlunya ketakutan seperti ini. Setelah akar pahit ini dibersihkan dan klien relief, tentu saja sekali lagi Goal dan strate
gi yang jelas dibutuh untuk menghantar dirinya menuju level berikutnya dalam hidup. FW181218
#DecisionAndAction
#LifeCoach
#WellnessCoach
#HeartWorker
Author: Admin

Leave a Reply