Financial Wellness (2) Employee Financial Wellness - Integra Institute

Financial Wellness (2) Employee Financial Wellness

Posted by: Admin
Category: Wellness Coaching

Employee Financial Wellness

“Generally, well-being is defined as a state of being healthy, happy, and free from worry” (Zimmerman, 1995)

 

Karena pentingnya kesehatan finansial individu dan keluarga terus tumbuh, orang sering menggunakan istilah Financial Wellness untuk mengartikan tingkat kesehatan keuangan seseorang. Financial Wellness adalah konsep multidimensional yang komprehensif yang menggabungkan kepuasan keuangan, status objektif dari situasi keuangan, sikap keuangan, dan perilaku yang tidak dapat dinilai melalui satuan ukuran apapun.

Di article terdahulu kita sudah membahas mengenai Personal Financial Awareness. Tidak dapat dipungkiri bahwa untuk sebagian orang, Kesehatan Finansial adalah salah satu aspek hidup yang membatasi pencapaian kesejahteraan (well-being) seseorang.  Apakah kesehatan finansial ini hanya menjadi issue personal? Teryata tidak! Karena dari sisi pemberi kerja/ perusahaan, issue personal yang dihadapi oleh karyawan sangat perimpact pada performance di tempat kerja. Worry- rasa khawatir yang dimiliki mempengaruhi emosi, konsentrasi dan fokus seseorang dalam bekerja. Berikut hasil surveinya, Pengaruh Kesehatan Finansial personal terhadap Perusahaan berdampak pada:

  • Produktivitas; Masalah finansial karyawan dapat menurunkan produktivitas sebesar 20 jam per bulan. (Survei dari Pension Consultants Inc. 2014)
  • Turnover Karyawan yang lebih tinggi; sebanyak 1 dari 3 karyawan berharap dapat bekerja di tempat lain tahu ini. (survey dari MetLife 2013)
  • Biaya Kesehatan (healthcare) yang lebih tinggi; 30% dari pekerja menolak/ menunda perawatan medis yang dibutuhkan karena kendala biaya dalam 12 bulan. (survey dari Gallup 2014)

Di samping itu, karyawan yang mulai menabung lebih awal dan menyelesaikan utang lebih siap untuk pensiun.

Karena pertimbangan bahwa Kehidupan pribadi karyawan juga berdampak pada kinerja karyawan di tempat kerja, Perusahaan-perusahaan besar yang memperhatikan kesejahteraan karyawan juga menyediakan Wellness Coaching, selain Performance Coaching untuk para eksekutif supaya dapat bekerja dan berkarya dengan lebih fokus dan tenang.

Employee Wellness Coaching juga kerap diadakan di perusahaan-perusahaan untuk persiapan pension para karyawan, baik untuk karyawan yang menjelang purnakarya ataupun untuk persiapan pension dini karyawan.

#WellnessCoaching #HealthCoahing #IntegraInstitute #SelfHelpPractitioner #WellnessCoachIndonesia #PersonalWellness #EmployeeWellness #WorkLifeBalance #HealthAndWellness #Healing #Recovery #FinancialWellness #EmployeeFinancialWellness

 

Author: Admin

Leave a Reply