Financial Wellness, “Sehatnya dompet”

Posted by: Admin
Category: Wellness Coaching

Financial Wellness (personal)

Kesehatan Keuangan melibatkan proses belajar bagaimana berhasil mengelola pengeluaran keuangan. Uang memainkan peran penting dalam kehidupan kita dan tidak memiliki ‘cukup’ uang dampak terhadap kesehatan serta prestasi seseorang. Stres keuangan sering kali menjadi sumber umum stres, kecemasan dan ketakutan bagi seseorang dan lalu menambah problematika hidupnya .

Masalah Keuangan dapat dilihat dari perspektif personal maupun dari sisi worksite, dimana perusahaan perlu memperhatikan financial wellness dari para karyawannya karena hal ini sangat mempengaruhi kinerja kerja karyawan. Nah, sekarang ita lihat dulu dari sisi personal financial wellness baru berikutnya kita lihat dari sisi perusahaan.

Issue keuangan yang umumnya dihadapi sebagian besar orang adalah bagaimana menutupi pengeluaran mereka, mengendalikan dan membayar tagihan tepat waktu, mengatur pemakain kartu kredit, ataupun melakukan pembelian penting. Dapat berdisiplin untuk Melacak pengeluaran, membuat anggaran adalah keterampilan penting yang perlu dimiliki agar dapat bertanggung jawab penuh. Mempelajari cara memaksimalkan Financial Wellness Anda sekarang tentunya membantu Anda siap untuk menangani situasi keuangan yang berpotensi membuat stres di masa depan.

Salut Marseille!

Berikut adalah 4 elemen yang menunjukkan Financial Well-Being atau kesejahteraan financial sesseorang:

  • Merasa terkendali

Orang yang memiliki tingkat kesejahteraan finansial yang tinggi merasa dapat mengendalikan keuangan sehari-hari dan dari bulan ke bulan. Ini bukan hanya tentang memiliki uang, ini tentang mengelolanya. Mereka menutupi pengeluaran mereka dan membayar tagihan tepat waktu, dan umumnya mereka tidak khawatir memiliki cukup uang untuk mendapatkannya. Kemampuan mengelola memberikan rasa keamanan finansial, untuk Masa Sekarang.

  • Kapasitas untuk Menghadapi Financial Shock

Bagaimana jika mereka  mengalami kecelakaan mobil atau diberhentikan dari pekerjaan? Apakah ia memiliki jaring pengaman seperti tabungan, asuransi, atau keluarga untuk membantu menghentikan guncangan agar tidak terjadi kemunduran yang berlangsung lebih lama. Kapasitas ini memberikan rasa keamanan finansial, untuk Masa Depan.

  • On track dalam mencapai Tujuan

Mereka berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan keuangan mereka. Terlepas dari apakah mereka memiliki rencana keuangan formal, mereka menetapkan tujuan yang penting bagi mereka, dan bekerja menuju pencapaian tujuan tersebut. Pikiraan ini membawa kita terus bergerak menuju Kebebasan Finansial, untuk Masa Depan.

  • Fleksibilitas dalam Membuat Pilihan

Mereka memiliki kebebasan finansial untuk membuat pilihan yang memungkinkan mereka menikmati hidup, apa pun artinya bagi mereka. Apakah itu mengambil liburan keluarga, pergi keluar untuk makan, atau bekerja lebih sedikit untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga, para konsumen ini memiliki fleksibilitas keuangan untuk melakukan apa yang mereka hargai dan apa yang membuat mereka bahagia. Ini dapat digambarkan memiliki Kebebasan Finansial, di Masa Sekarang.

Menerapkan kerangka ini ke kehidupan finansial Anda sendiri dapat membantu Anda lebih puas dengan keputusan-keputusan yang Anda buat. Ketika Anda menghadapi pilihan keuangan, pertimbangkanlah bagaimana tindakan Anda dapat mempengaruhi Keamanan Finansial dan Kebebasan Finansial, hari ini dan di masa depan. Berikut adalah langkah- langkah kecil pertama yang dapat dilakukan untuk menuju ke kondisi di atas:

Langkah 1; Pahamilah Di Mana Anda Saat Ini; Saat ini saya sudah punya elemen yang manakah?

Langkah 2; Ambil Tindakan, Satu Langkah Setiap Saat; “Apa rencana dan tindakan yang perlu saya ambil untuk mencapai Goal yang saya inginkan?”

Langkah 3; Bangun Kebiasaan Sehat Financial; “Kebiasaan baru apa yang perlu saya bangun untuk mendapatkan Goal saya untuk sehat Financial tersebut?”

Langkah 4; Monitor Secara Teratur; “Apakah saya on track?”

Langkah 5; Rayakan Setiap Kesuksesan; satu kesuksesan menarik kesuksesaan, rayakan kemajuan yang Anda raih sekecil apapun. “Rewards apa yang saya berikan pada diri saya untuk progress yang saya buat?”

Dalam Wellness Coaching, coach membantu klien mereka menetapkan sasaran Financial Well-Being yang dapat membuat perbedaan nyata, dan membuat rencana kerja lagkah demi langkah menuju goal yang ditetapkan.

#WellnessCoaching #HealthCoahing #IntegraInstitute #SelfHelpPractitioner #WellnessCoachIndonesia #PersonalWellness #EmployeeWellness #WorkLifeBalance #HealthAndWellness #Healing #Recovery #FinancialWellness

Author: Admin

Leave a Reply