"Past Life" Therapy, Alat Terapi Ampuh - Integra Institute

“Past Life” Therapy, Alat Terapi Ampuh

Posted by: Admin
Category: Past Life Therapy

WHAT is Past Life Therapy –  Pengenalan Past Life Therapy

Apa yang muncul di pikiran Anda ketika mendengar kata “Past Life”? Kehidupan lalu? Suatu kehidupan sebelum kehidupan sekarang? Lalu bagaimana dengan “Past Life Regression” yang konon katanya melalui teknis hipnosis dapat membawa Anda menuju ke kehidupan lalu? Apakah semua yang dilihat selama sesi hypnosis adalah benar-benar kehidupan masa lalu seseorang? Bagi yang mempercayai Reinkarnasi tentu tidak masalah beranggapan demikian. Namun bagi yang tidak, persepsi bahwa yang namanya Regresi Past Life adalah melulu Melihat Kehidupan Lalu, dapat memblokir potensi pemanfaatan suatu teknik Terapi yang sangat luar biasa.

Diberi nama Past Life Regression/ Past Life Therapy adalah karena apa yang dilihat selama sesi hypnosis tersebut adalah mengenai suatu cerita kehidupan Anda yang bukan berada di kehidupan sekarang, dan umumnya di jaman sebelumnya, walaupun tidak menutup kemungkinan bisa saja Anda melihat kondisi kehidupan yang lebih maju dari jaman sekarang bahkan berada di planet lain sekalipun. Lalu apa yang sebenarnya terjadi selama sesi Regresi Past Life itu sendiri? Inilah yang ingin saya bagikan kepada Anda, untuk melihat Past Life Therapy dari perspektif yang berbeda.

Bagi Anda yang mempercayai eksistensi kehidupan lain sebelum kehidupan sekarang, apa yang saya sampaikan di sini tidak bermaksud membuat Anda merubah belief Anda. Sama sekali bukan hendak mengatakan bahwa Past Life itu tidak ada karena semua belief adalah hak setiap Individu yang harus dijunjung tinggi. Tidak ada seorangpun  yang berhak untuk menjudge benar dan salahnya. Yang hendak saya sampaikan adalah bahwa di dalam proses Regresi Past Life yang dipersepsi umum adalah pencarian kehidupan masa lalu melalui teknik hypnosis, formal ataupun tidak, ada banyak kemungkinan-kemungkinan lain yang terjadi yang lebih mengarah pada ranah ilmu psikologi, mengenai pikiran dan kejiwaan manusia itu sendiri.

Beberapa kemungkinan penjelasan apa yang terjadi selama sesi Regresi Kehidupan Lalu atau Past Life Regression adalah:

–      Reinkarnasi (bagi yang mempercayainya saja tentu)

–      Cryptomnesia;

Kriptomnesia secara harfiah diartikan sebagai memori tersembunyi. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan asal-usul pengalaman yang orang kira itu asli tapi yang sebenarnya didasarkan pada ingatan peristiwa yang terlupakan. Kriptomnesia merupakan penyimpanan ingatan bawah sadar dari informasi yang sebenarnya dipelajari melalui jalur normal. Informasi yang sebelumnya dipelajari dan mungkin dilupakan sadar tanpa batas disimpan dalam alam bawah sadar.

–      The Collective Unconscious & Archetypes;

Menurut Jung,di bawah personal Unconscious ada yang disebut  “The Collective Unconscious.” Jung mempercayai konsep archetypes.Arketipe atau simbol adalah memory universal untuk seluruh umat manusia (the persona, the shadow, the anima/ animus, the mother, the child, the wise old man, and the self). Arketipe bersifat religius dan memiliki efek positif untuk mengilhami jiwa manusia

–      Genetic Memory Transmission;

Kemungkinan penjelasan lain untuk Past  Life Recall adalah memori leluhur yang diturunkan secara genetik. Ketika klien diregresi untuk mengingat kehidupan sebelumnya, mungkin saja dia sebenarnya mengakses sesuatu dalam cetak biru genom mereka. Bisa jadi bahwa ia sebenarnya mengakses rincian kehidupan dari hidup nenek moyangnya.

Yang paling sering dilihat oleh Klien dalam suatu sesi Regresi Kehidupan Lalu adalah Ekspresi dari luapan emosi yang di repress atau ditekan ke dalam Pikiran Bawah Sadar (Unconscious Mind) yang merupakan gabungan dari Cryptomnesia dan archetypes. Apa yang akan kita bahas di buku ini semata adalah memandang Past Life Terapi sebagai alat terapi therapeutic untuk membantu berbagai permasalahan klien. Terapi Past Life  adalah penggunaan teknik-teknik, termasuk hipnosis, untuk recall ke‘kehidupan masa lalu’ dan menggunakan rincian/pola dari kehidupan tersebut untuk menimbulkan perubahan perilaku yang bermanfaat dalam kehidupan Subyek saat ini.

Banyak klien datang kepada kami dan meminta untuk  di Past Life. Saya selalu menanyakan kepada Klien, “Apa tujuan Anda di Regresi Past Life?” Jawabannya bisa sangat bermacam-macam, para klien datang dengan berbagai latar belakang alasan dan permasalahan.

Jujur kata Salah satu alasan yang paling banyak ditemukan adalah, “pengen tahu saja, saya dulu jadi apa ya di kehidupan lalu.” Perlu saya tekankan bahwa Sesi ‘Past Life’ yang kita tawarkan bukan sekedar Regresi dan ‘melihat’ namun juga memberikan efek terapi. Opsi yang dapat kita tawarkan bagi Klien yang datang dengan tujuan demikian, adalah agar sepulang dari sesi Past Life, klien mendapatkan wawasan atau insight untuk hidup lebih baik lagi ke depannya, dan menemukan jawaban dari pencariannya bagi Klien yang datang dengan tujuan khusus.

Past Life Therapy adalah Transpersonal Hypnotherapy yang dapat membantu memecahkan banyak persoalan yang tidak dapat diatasi oleh teknik-teknik terapi Lain. Mengapa demikian, karena PLT menjembatani komunikasi dengan Higher Unconscious dan Higher Self Anda yang selalu tahu, apa jawaban dan solusi bagi setiap permasalahan Anda.

Jika Klien Anda atau Anda memiliki pencarian atau pertanyaan-pertanyaan berikut:

– mencari tahu akan panggilan atau  tujuan hidup Anda di dunia..

– ingin kepastian mengenai rencana hidup yang harus Anda buat ke depan..

– ingin memahami lebih baik lagi mengenai hubungan Anda dengan seseorang…

– menghadapi sakit penyakit tertentu dan ingin mengetahui ‘akar permasalahan’nya..

– ingin mengeksplorasi talenta, bakat dan kelebihan Anda…

– sulit menerima kehilangan akan seseorang atau sesuatu…

– ingin mencari tau penyebab dan solusi dari segala permasalahan fobia, ketakutan, kemarahan dan perasaan bersalah yang dirasakan…

– sekedar ingin mengetahui apa nasehat dari Kesadaran Tertinggi Diri Saya untuk menghadapi semua permasalahan dan situasi ini…

Adalah sangat tepat jika Anda memilih untuk di Past Life Therapy.

Pertanyaan paling umum di sesi Past Life Therapy.”Apakah benar semua yang saya lihat itu adalah benar-benar kehidupan lalu saya?”

Well, boleh-boleh saja jika Anda ingin mempercayainya demikian karena yang namanya Belief adalah hak Anda. Namun itu Bukanlah Esensi dari PLT yang  ditawarkan. Pandanglah PLT  ini murni sebagai Alat Therapy saja. Point nya adalah bagaimana Apa yang Anda lihat dan alami selama sesi PLT membawa Kesembuhan dan Kebaikan bagi hidup Klien/ Anda sekarang dan seterusnya. Sekali lagi,  yang paling umum muncul selama sesi PLT adalah perpaduan dari Cryptomnesia dan Archetypes untuk meluapkan Repressed Memory yang Anda Alami. Sangat Scientific jika Anda ingin melihatnya dari tinjauan Psikologi.

by Fiona Wang

SELF HELP Coach & Mind Therapist

Advanced Diploma in Past Life Therapy

Author: Admin