Editing Submodality Untuk Mengolah Persepsi

Posted by: Admin
Category: Uncategorized

Persepsi yang dibentuk ataupun terbentuk dalam pikiran manusia pada dasarnya masih dapat dirubah atau diolah kembali. Yang berarti dengan merubah persepsi dapat merubah makna yang terkandung dalam sebuah peristiwa. Sebelum persepsi dari sebuah peristiwa terbentuk dan direpresentasikan secara verbal ataupun non verbal akan mengalami beberapa proses, yang pertama adalah proses melewati filter pertama yaitu sensori inderawi yang kemudian dilanjutkan melalui pemrosesan internal di dalam pikiran manusia.

NLP adalah sebuah pengetahuan yang menjelaskan bahwa setiap peristiwa yang dialami manusia akan dikodekan dengan kualitas yang berbeda-beda sesuai sistem preferensi yang dimiliki manusia, oleh sebab itu sesuai dengan penjelasan di atas bahwa dengan merubah kualitas dari pengalaman tersebut akan merubah pemaknaan yang terbentuk di dalamnya.

Merubah submodality tidaklah sesulit dan serumit yang dipersepsikan oleh orang-orang pada umumnya. Contoh yang paling sederhana dari merubah submodality adalah teknik Re-Map, teknik ini dapat dimanfaatkan untuk merubah makna dari sebuah peristiwa dengan waktu yang relative cepat. Semisal bila kita memiliki seorang teman yang menjengkelkan atau pernah membuat kita menjadi tidak nyaman dengan perilaku/perbuatannya, maka kita dapat merubah gambaran tentang dirinya seperti merubah bentuk wajahnya menjadi sangat lucu, atau mungkin juga merubah suaranya menjadi Donald Bebek agar terdengar menggelikan.

Atau bisa juga menggunakan teknik dissociate (disosiasi) yaitu dengan merubah sudut pandang terhadap suatu peristiwa. Yaitu dengan menempatkan diri kita sebagai pengamat terhadap suatu peristiwa yang kita alami, sehingga dengan merubah sudut pandang ini dapat memberikan pengaruh besar dalam proses pemaknaan dari suatu peristiwa. Teknik ini pada dasarnya sama seperti kita dapat memberikan saran atas permasalahan orang lain karena kita berada dalam posisi yang tidak terlibat langsung dari sebuah peristiwa.

Beberapa teknik editing sub-modality dalam NLP yaitu :

  • Re-Map

Mengubah langsung submodality

  • Map Across

Mempertukarkan Submodality

  • Eliciting Sub-modality

Menggali spesifikasi submodality yang berperan dalam suatu peristiwa

  • Contrastive Analysis

Analisa struktur submodality dari 2 (dua) pengalaman yang bertolak belakang

  • Associate

Menjadi pelaku langsung dari sebuah peristiwa

  • Dissociate

Menjadi pengamat dalam sebuah peristiwa

  • Critical Driver

Mencari submodality yang paling dominan

002/NLP

Author: Admin