Mendapatkan Rasa Percaya Diri Secara Instant - Integra Institute

Mendapatkan Rasa Percaya Diri Secara Instant

Posted by: Admin
Category: Uncategorized

Mungkin kita pernah dihadapkan oleh sebuah kondisi yang menyebabkan kita kehilangan percaya diri secara tiba-tiba, dan kita tidak menyadari suatu hal yang menyebabkan kita menjadi kehilangan percaya diri. Dan tentu kejadian seperti membuat diri kita berada dalam posisi yang sangat tidak berdaya. Semisal secara mendadak kita diminta untuk memberikan sebuah sambutan pada suatu forum, yang mana pada saat tersebut kita belum atau tidak mempersiapkan bahan pembicaraan yang akan disampaikan, hal seperti ini dapat memicu hilangnya percaya diri secara tiba-tiba. Atau mungkin pada saat akan berkenalan dengan orang baru dan juga membuka percakapan dengan orang yang baru saja kita kenal, peristiwa tersebut juga dapat memicu kita menjadi kehilangan percaya diri. Dan masih banyak lagi peristiwa serupa yang pernah terjadi di sekeliling kita.

Beberapa kemungkinan dapat menjadikan seseorang kehilangan percaya dirinya pada sebuah konteks, semisal orang yang percaya diri di depan public belum tentu bisa percaya diri saat berhadapan langsung untuk berkomunikasi dengan lawan jenisnya. Hilangnya percaya diri tersebut bila kita gali struktur pengalamannya tidaklah terjadi secara tiba-tiba, karena selalu ada sebuah proses yang menyertainya.

NLP (Neuro-Linguistic Programming) menawarkan strategi untuk mendapatkan rasa percaya diri secara instan yang tentu saja akan disambut hangat bagi orang yang mengalami kasus seperti yang disebutkan di atas tadi. Teknik yang pertama adalah dengan menggunakan self talk sebagai sarana pemrograman pikiran bawah sadar. Seringkali kita mengucapkan kalimat yang membuat diri kita menjadi tidak berdaya, dan dengan merubahnya menjadi kalimat positif dapat membuat diri kita memiliki rasa percaya diri secara instant.

Hilangnya percaya diri pada dasarnya adalah permasalahan yang berhubungan dengan state of mind. State of Mind adalah sebuah kondisi keterkaitan antara tubuh dengan mental, dan karena keduanya saling terhubung maka dengan merubah salah satunya dapat mempengaruhi yang lainnya. Salah satu teknik untuk merubah state of mind adalah dengan melakukan perubahan physiology (tubuh) seperti menarik nafas panjang dan dalam, meloncat-loncat, lari-lari kecil, ataupun meregangkan tubuh seperti hendak berolah raga.

003/SH

Author: Admin