fbpx

LIFE & WELLNESS COACHING

Posted by: Admin
Category: Blog, Wellness Coaching

Halo Sahabat Integra, selamat datang kembali di blog kami. Kali ini kita akan membahas tentang Life & Wellness Coaching. Mari kita terlusuri bersama, apa wellness coaching, manfaat dan cakupannya serta kapan seseorang membutuhkan Life & Wellness Coaching. Selamat menikmati!

Pengertian Wellness Coaching

Menurut Dictionary.com, definisi Wellness adalah:

[noun]

  • the quality or state of being healthy in body and mind, especially as the result of deliberate effort.

  • an approach to healthcare that emphasizes preventing illness and prolonging life, as opposed to emphasizing treating diseases.

James Gavin, Madeleine Mcbrearty menulis di bukunya, “Wellness Coaching adalah spesialisasi coaching yang membangun keahlian di bidang yang berkaitan dengan kesehatan, kesejahteraan dan kebugaran dengan mengandalkan teori dan metode yang relevan dari bidang pembinaan (coaching).

Wellness Coaching efektif membantu klien yang memiliki tujuan kesehatan, kesejahteraan, dan kebugaran tertentu. Coaching ini juga efektif untuk klien yang memiliki tujuan pribadi atau profesional yang dapat difasilitasi melalui tindakan yang berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan (wellbeing),

“Wellness is a conscious, self-directed and evolving process of achieving full potential.”

– The National Wellness Institute

Manfaat Life & Wellness Coaching

Berikut adalah manfaat dari Life & Wellness Coaching bagi Klien/Coachee dan Coach:

1. Manfaat Bagi Klien/ Coachee

  • Peningkatan kesadaran diri untuk pertumbuhan dan perkembangan pribadi.

  • Peningkatan Kesejahteraan: mendukung klien dalam menerapkan kebiasaan yang lebih sehat, mengelola stres, meningkatkan praktik perawatan diri, dan menumbuhkan ketangguhan.

  • Peningkatan Keseimbangan aspek-aspek kehidupan mereka, termasuk pekerjaan, keluarga, kesehatan, relasi, dll.

  • Perubahan Perilaku: klien dapat membuat perubahan perilaku yang berkelanjutan dan mengembangkan kebiasaan yang lebih sehat.

  • Peningkatan Keyakinan dan empowerment, memberdayakan klien untuk memiliki ownership atas hidup mereka dan membuat keputusan selaras dengan nilai-nilai dan aspirasi mereka.

Butuh bantuan seorang Life and Wellness Coach? Klik disini untuk membuat appointment dengan Experts kami.

2. Manfaat Bagi coach

Sebagai karier, Life & Wellness Coaching adalah ‘game-changer’. Tidak hanya sekedar menawarkan karir baru atau perluasan karier, tetapi bagaimana kita dapat membantu orang lain, sebagai individu maupun organisasi untuk mampu merubah habits dan behavior bahkan bertransformasi menjadi lebih baik dan mendapatkan kualitas well-being yang diinginkan.

Tidak dapat kita pungkiri juga, bahwa di sekitar kita, masih banyak orang-orang yang memiliki masalah dengan motivasi, mengubah kebiasaan dan pola-pola lama serta untuk mampu berpikir holistik tentang peningkatan berbagai aspek hidup dan keberadaan mereka. Di sinilah seorang Life and Wellness Coach berperan, membantu klien bertransformasi menjadi pribadi yang utuh atau whole-being dari hari ke hari, dalam kesatuan dimensi Fisik, Emosi Relasi, Mental Intelektual dan Spiritual.

Berminat menjadi seorang Certified Life and Wellness Coach berbasis Standard ICF dengan investasi terjangkau? Silakan hubungi kami untuk memulai perjalanan karier coaching Anda.

Dimensi Wellness Coaching

Ada delapan dimensi atau aspek dari Wellness: pekerjaan, emosional, spiritual, lingkungan, keuangan, fisik, sosial, dan intelektual. Setiap dimensi kesehatan ini saling berhubungan satu dengan yang lain.

Setiap dimensi sama pentingnya dalam mengejar kesejahteraan yang optimal. Seseorang dapat mencapai tingkat Wellness yang setinggi-tingginya dengan memahami bagaimana mempertahankan dan mengoptimalkan masing-masing dimensi wellness. Ke delapan Aspek ini adalah: Emotional Wellness, Contribution Wellness, Financial Wellness, Intellectual Wellness, Occupational Wellness, Physical Wellness, Social-Environment Wellness, dan Spiritual Wellness.

Keseimbangan yang optimal dari setiap aspek ini kemudian akan mengoptimalkan keseluruhan wellness yang dapat di raih oleh seseorang.

Kapan Seseorang membutuhkan Life & Wellness Coach?

  • Merasa Terjebak atau Kehilangan Arah.

  • Menghadapi Perubahan Hidup yang Signifikan.

  • Mengalami Stres dan Kecemasan yang Tinggi.

  • Mencapai Keseimbangan Antara Kehidupan Pribadi dan Karier.

  • Meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan.

  • Meningkatkan Keterampilan coping dan ketangguhan.

  • Mencari Peningkatan Diri dan Pengembangan Pribadi.

Temukan Keseimbangan Sejati dalam Hidup Anda dengan Life and Wellness Coaching!

 

Integra Institute

For your Personal and Professional Growth

Author: Admin

Leave a Reply

This website uses cookies and asks your personal data to enhance your browsing experience.