Physical Wellness; Berawal dari Fisik... - Integra Institute

Physical Wellness; Berawal dari Fisik…

Posted by: Admin
Category: Wellness Coaching

Physical Wellness tidak berarti tidak pernah sakit, namun berhubungan erat dengan mempertahankan tubuh yang sehat dan mampu mencari perawatan saat dibutuhkan. Kesehatan fisik diraih melalui latihan, makan dengan baik, cukup tidur dan memperhatikan tanda-tanda sakit atau sinyal tubuh serta mencari bantuan medis ataupun psikis bila diperlukan.

Physical Wellness meningkatkan perawatan yang tepat bagi tubuh kita untuk kesehatan dan fungsi yang optimal. Ada banyak elemen kesehatan fisik yang semuanya harus dijaga bersama. Keseluruhan Phyical Wellness mendorong keseimbangan aktivitas fisik, nutrisi, dan kesehatan mental untuk menjaga tubuh Anda tetap dalam kondisi prima.

1) Aktivitas fisik
Menjadi aktif secara fisik sangat penting untuk menjaga tubuh Anda dalam kondisi prima. Beberapa manfaat yang terbukti dari aktivitas fisik adalah memperkuat tulang dan otot, mengurangi risiko penyakit dan stroke, dan lebih banyak energi. Bagaimana dengan disiplin Anda untuk berolah-raga saat ini? Skala 1 sampai dengan 10?

2) Nutrisi
Sangat penting untuk memelihara tubuh Anda dengan makan diet seimbang. Mengonsumsi berbagai nutrisi dan vitamin tidak hanya akan membantu mencegah penyakit, tetapi juga akan menjaga tubuh Anda berfungsi dengan baik. Bagaimana dengan kesehatan pola makan dan diet Anda saat ini? Skala 1 sampai dengan 10?

3) Kesejahteraan Psikis
Memiliki tingkat aktivitas fisik yang optimal dan mempertahankan nutrisi yang tepat adalah kunci untuk meningkatkan kesehatan mental emosional Anda secara keseluruhan. Anda tidak hanya akan mengasah kemampuan berpikir, Anda juga akan meningkatkan rasa harga diri dan kendali diri Anda. Untuk Emotional Wellness sudah pernah kita bahas di artikel sebelumnya. Menurut Anda Skala 1 sampai dengan 10, seberapa tinggi tingkat kesehatan emotional Anda saat ini?

Tubuh, Pikiran dan Emosi memiliki hubungan interkoneksi holistic. Memahami hubungan antara kesehatan fisik dan kesehatan mental emosi Anda sangat penting untuk mengembangkan kesehatan fisik yang seimbang. Lebih dari 80% permasalahan sakit fisik disebabkan oleh faktor psikis yang dikenal dengan Sakit Psikosomatis (psychosomatic illness).

Seorang Wellness Coach membantu Anda mencapai tujuan kesehatan fisik dan emosi. Untuk membantu Anda mencapai tujuan tersebut, coach Anda membantu Anda membuat strategi & action plan serta langkah-langkah untuk mencapai tujuan Anda. Physical Wellness Coach bukan hanya tentang kebugaran, jauh melampaui itu. Physical Wellness Coach dapat membantu Anda berhenti merokok, mengurangi stres, dan mengembangkan kebiasaan makan yang lebih sehat termasuk membantu Anda menurunkan berat badan.

Ketika coach Anda membantu Anda mencapai tujuan ini, Anda merasa lebih positif dan ini meningkatkan kesehatan mental Anda. Karena Anda mulai merasa lebih baik tentang diri sendiri, Anda menjadi bangga terhadap diri sendiri dan mengembangkan sense of achievement. Ini bagus untuk kesehatan emosional Anda. Dengan memenuhi tujuan fisik Anda, Anda meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Ketika Anda berolah-raga, setelah 30 menit, homon Endorphin mulai mengucur dan membuat Anda merasa segar. Dan ketika muncul sense of achievement, hormone dopmanin pun mengalir deras dan membuat Anda merasa semangat dan termotivasi.

Berikut beberapa hal yang dapat Anda capai dengan dibantu oleh Wellness Coach Anda:
1. Mencapai Physical Goal Jangka Panjang Anda
Wellness Coach membantu Anda menemukan cara untuk mempertahankan tujuan kesehatan Anda. Jika Anda ingin tetap pada berat badan tertentu, ia dapat membantu Anda membuat perubahan gaya hidup sehingga Anda dapat mengendalikan kesehatan Anda.

2. Jadilah Versi Diri Anda yang Terbaik
Seringkali seseorang memiliki niat untuk mencapai tujuan namun sulit merealisasikannya sendiri. Menggali potensi optimal Anda lebih mudah dilakukan dengan bantuan dari seorang coach. Coach Anda dapat membuat Anda menchallenge diri sendir untuk melakukan hal-hal yang tidak pernah Anda bayangkan. Alih-alih berhenti ketika hal-hal menjadi terlalu sulit, Anda malah mampu menginspirasi diri yang Anda butuhkan untuk terus berlanjut. Jika Anda ingin menjadi versi terbaik dari Anda, Anda mungkin memerlukan sedikit bantuan dengan hasil sangat berharga.

3. Membuat Keputusan yang Lebih Smart
Kesejahteraan Anda bergantung pada Anda membuat keputusan yang baik, setuju? Namun, banyak orang tidak tahu cara melakukannya. Mereka tanpa sadar membuat pilihan buruk yang berdampak negatif terhadap kesehatan mereka. Coach Anda akan membantu Anda menemukan alternatif yang lebih sehat untuk tubuh Anda.

4. Memiliki perasaan yang lebih Positif mengenai Diri dan Hidup
Seperti di uraian sebelumnya, ketika Anda mencapai tujuan, Anda belajar bagaimana merasa lebih baik tentang diri Anda. Salah satu hasil terbaik Wellness Coaching adalah self-worth yang Anda bangun. Dengan dibantu oleh coach, Anda menemukan bagaimana menghargai diri sendiri. Ketika tujuan tercapai, Anda feel good tentang diri Anda sendiri. keseluruhan proses ini memberi Anda rasa percaya diri yang dapat membantu Anda dalam semua aspek kehidupan.

5. Berkomitmen untuk Meningkatkan Diri Anda
Kebanyakan orang merasa sulit untuk memulai sesuatu. Komitmen adalah satu skill yang lebih tinggi di atas ‘melakukan’. Wellness Coach membantu Anda mampu membuat komitmen aktif untuk meningkatkan diri Anda. Begitu Anda mulai, kesuksesan bergulir seperti bola salju. Anda menginginkannya sekarang, bukan minggu depan apalagi bulan depan.
Memang ada begitu banyak alasan untuk perlu meng-hire seorang wellness coach. Jika Anda memiliki goal kesehatan fisik maupun psikis, Wellness Coach membantu Anda mewujudkannya.

#WellnessCoaching #HealthCoahing #IntegraInstitute #SelfHelpPractitioner #WellnessCoachIndonesia #PersonalWellness #EmployeeWellness #WorkLifeBalance #HealthAndWellness #Healing #Recovery #PhysicalWellness

Author: Admin

Leave a Reply