fbpx

INTEGRA LEADERSHIP & LIFE SKILLS ACADEMY (ILLSA)

Logo Kemendikbud Laluahmad.com (Copy)
Logo Integra Institute 2022
DISDIK hires

LKP Integra Institute

NPSN: K5669303

Our Missions: “Melatih generasi muda agar memiliki fondasi kepemimpinan dan manajemen diri yang kuat. Membekali generasi muda dengan kecakapan hidup yang dibutuhkan untuk menjadi pribadi yang sehat, tangguh, bijaksana serta mampu membangun kehidupan yang bahagia, sukses dan sejahtera.”

lifeskillspicture

Kecakapan hidup (life-skills) adalah dasar dari etos kerja, karakter, dan perilaku pribadi kita (Penn State, College of Education, 2003). Kecakapan hidup mencakup berbagai pengetahuan dan interaksi keterampilan, yang diyakini penting untuk kehidupan mandiri orang dewasa.

(Brolin dalam Goodship, 2002:1)

LIFE SKILLS - KECAKAPAN HIDUP YANG PERLU DIKUASAI SETIAP ORANG

World Health Organization (WHO) mendefinisikan life-skills sebagai “Sekelompok kompetensi psikososial dan keterampilan interpersonal yang membantu orang membuat keputusan berdasarkan informasi, memecahkan masalah, berpikir kritis dan kreatif, berkomunikasi secara efektif, membangun hubungan yang sehat, berempati dengan orang lain, dan mengatasi serta mengelola hidup mereka dengan cara yang sehat dan bertanggung jawab.”

Menurut Tim Broad-Based Education (2002), kecakapan hidup atau life skills sebagai kecakapan yang dimiliki seseorang untuk mau dan berani menghadapi problema hidup dan kehidupan secara wajar tanpa merasa tertekan, kemudian secara proaktif dan kreatif mencari serta menemukan solusi sehingga akhirnya mampu mengatasinya (Depdiknas, 2002:2).

Menurut Undang Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan kecakapan hidup (life skill) adalah pendidikan yang memberikan kecakapan personal, kecakapan sosial, kecakapan intelektual, dan kecakapan vokasional untuk bekerja atau usaha mandiri.

Singkat kata, Life-skills adalah keterampilan dasar hidup yang perlu dikuasai oleh setiap orang. Mulai dari keterampilan hidup sehari-hari seperti memasak, menjaga kebersihan diri, mengelola keuangan hingga membangun relasi dengan orang lain. Semua keterampilan ini bermula dari kemampuan untuk memimpin dan meregulasi diri yang baik.

Sayangnya, banyak orang khususnya anak dan remaja yang belum mendapatkan pengetahuan dan pelatihan yang cukup untuk mampu mempraktekkan keterampilan-keterampilan ini dengan baik secara kongkrit tidak hanya ditataran teoritis. Pendidikan di sekolah lebih berfokus pada kecakapan intelektual (akademis) dan kecakapan vokasional (kejuruan). Untuk kecapakan Personal dan kecakapan sosial yang juga sangat dibutuhkan untuk dapat sukses di kehidupan personal dan professional, di manakah tempat belajarnya?

gmb1

SELF-LEADERSHIP & LIFE SKILLS PROGRAM

ILLSA meluncurkan program kursus dan pelatihan Self-Leadership & Life-Skills agar setiap individu dapat mengasah kecakapan hidup dan memiliki dasar kepemimpinan diri yang kuat sebagai modal untuk meraih keberhasilan hidup. Program yang diperkenalkan kepada masyarakat tanggal 01 Oktober 2022 lalu akan memulai batch pertama pelatihan di tanggal 05 November 2022.

  • Agar setiap individu, khususnya para remaja dan dewasa muda dapat menguasai kepemimpinan diri dan kecakapan hidup sehingga dapat mengoptimalkan potensi diri terbaik mereka dengan sikap hidup terbaik.  Peserta belajar menjadi pilot yang skillful dan tangguh dalam kehidupan mereka masing-masing sehingga mereka dapat terbang tinggi dan mendarat di masa depan terbaik yang mereka cita-citakan.

  • Agar setiap orangtua, guru, pendidik dan professional terkait anak dan remaja dapat memahami kecapakan ini sehingga dapat mensupport dan mendampingi remaja ini dengan sebaik-baiknya dan sukses menghantar anak-anaknya ke kehidupan yang sukses mulia.

  • Young Business Professionals dan Executives

  • Mahasiswa (atau remaja usia 18 tahun ke atas), Management Trainee

  • Orangtua, Guru & Pendidik agar dapat mendampingi dan menanamkan skills ini pada anak sejak dini.

  • Professionals seperti Coach & Mentor yang melayani remaja dan dewasa muda.

  • Mereka yang ingin terus mengasah kecakapan hidup.

Mengapa Orangtua perlu menguasai Life-Skills dalam mendampingi anaknya?

My Child My Future

Joan Indradjaja, Family Coach & School Founder.

          Anak adalah sebuah hadiah yg diberikan disertai tanggung jawab. Orang tua perlu mengetahui yang paling akhir dari proses parenting melalui pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut: Apakah visi saya? Anak seperti apa yang saya lihat di visi saya? Bagaimana mencapai visi tersebut? Apakah harga yang harus dibayar untuk mencapai visi tersebut?

Tantangan abad ini adalah bagaimana anak, remaja, dan pemuda kita tidak hanyut dan menjadi korban sisi negatif kemajuan teknologi dan mempersiapkan mereka dengan life skills yang dibutuhkan dalam menghadapi VUCA – volatility, uncertainty, complexity, ambiguity.  Orang tua perlu mempersiapkan anak tangguh yang tahan banting, anak dengan resiliensi tinggi.

ILLSA hadir sebagai wadah mempersiapkan generasi baru yang berpikir dengan cara pikir pemenang yang siap mengubah dunia. Mereka adalah masa depan kita yang memiliki tujuan hidup, mandiri, menentukan pilihan-pilihan yang memberdayakan semua potensi.

Mengapa Setiap Orang Perlu Memiliki Self-Leadership Yang Kuat?

SELF LEADERSHIP ADALAH KUNCI SUKSESMU

Dr. Regina Deti, SE, MM (Dosen & Leadership Coach)

Salah satu pemimpin terkemuka di bidang organisasi non profit di dunia saat ini yaitu Bill Hybels menyebutkan, tantangan terberat dalam bidang manajemen adalah DIRI SENDIRI.

Thomas J Stanley PhD seorang pnulis buku Milioners Mind melakukan riset kepada 1001 responden dengan 700 oranng milioner mengatakan bahwa 10 faktor yang mempengaruhi kesuksesan seseorang adalah SELF LEADERSHIP.

Chris Lowney sebagai penulis buku Heroic Leadership pun mengatakan hal yang sama bahwa mengelola diri dengan baik (Self Leadership) adalah kunci sukses seseorang dalam hidupnya

Self Leadership adalah adalah salah satu life skill yang perlu dimiliki oleh setiap orang dimana self leadership adalah keterampilan hidup untuk mengelola dan memimpin dirinya agar mampu bertahap dengan kondisi yang dihadapi di dalam hidupnya baik kondisi enak maupun kondisi kurang enak. Bila keterampilan ini sudah dimiliki maka seseorang akan lebih mudah untuk mencapai apa pun yang dia ingin capai dan tentunya dengan perasaan Bahagia.

Bagaimana caranya ? Perlu memperhatikan 4 (empat) aspek dalam Self Leadership yaitu menyadari siapa saya (kelebihan dan kekurangan), manajemen diri (mengelola diri dengan kelebihan dan kekurangannya), menyadari kebersamaan (sadar bahwa diri perlu berhubungan dengan siapa saja) dan mengelola kebersamaan (mampu mengelola jejaring dengan baik atau berkolaborasi). Empat aspek tersebut yang perlu diperkuat untuk menguatkan SELF LEADERSHIP-Mu.

Mengapa Life-Skills penting bagi para Executives?

START EARLY FOR A BRIGHT CAREER

Sulianis, CPLHI, QWP, CPC

Untuk menjadi executive muda yang berhasil,  perlu mempersiapkan diri baik dari sisi hard skill maupun soft skill. Hard skill yang perlu dipelajarai lebih spesifik kepada profesi apa yang Anda pilih; seperti kemampuan bahasa, teknologi, dan skill secara teknis. Untuk soft skill erat kaitannya dengan kepribadian yang dibutuhkan semua profesi; dimana realitanya banyak genderasi muda (Gen Z-usia 18-25 tahun) “jetlag” ketika memasuki dunia profesional. Hal ini dikarenakan adanya gap antara dunia akademis dan dunia profesional.

Salah satu soft skill yang sangat penting untuk Gen Z (usia 18-25 tahun) adalah self leadership; supaya mereka memiliki kesadaran diri tentang kelebihan dan area pengembangan diri; memiliki motivasi dan kemampuan pengendalian diri. Self Leadership membuat Gen Z siap dan mampu bersaing dengan generasi lainnya di tengah dunia profesional yang semakin sulit. Selain itu, Gen Z membutuhkan soft skill lainnya seperti : envisioning, self confidence, critical thingking, decision making& problem solving, time management, dan lain-lain.

Memulai lebih awal dengan mempelajari soft skill sedini mungkin adalah jawaban bagi Gen Z untuk bisa memenangkan persaingan dunia profesional. Saat mereka masih SMU dan di bangku kuliah sangat disarankan mereka sudah mempelajari semua soft skill yang dibutuhkan.

ILLSA hadir sebagai wadah membekali Gen Z menjadi pemenang dalam persaingan dunia professional; karena di dalamnya sudah terdapat paket lengkap soft skill. Jadi join bersama ILLSA untuk memulai lebih awal untuk karir yang cerah.

gmb2

Kurikulum Pelatihan terdiri dari empat kategori kompetensi yang masing-masing terdiri dari tiga modul (total 12 modul). Tersedia juga program Ekstra-Kurikuler yang tersedia setiap minggu di bulan jeda antar batch program kurikulum.

Mengikuti Program pelatihan 1 Seri Program Kompetensi (3 modul) akan mendapatkan sertifikat telah mengikuti pelatihan (Certificate of Accomplishment) dari LKP Integra Institute. Mengikuti 1 paket lengkap program (4 Kelompok Kompetensi terdiri dari 12 modul) akan mendapatkan SERTIFIKAT DARI DIKNAS.

Keempat kategori kompetensi berikut modul dan trainernya sbb:


I. Awareness & Mindset

1. Self-Awareness & Self Leadership, trainer: Ka Fiona, Profile.

2.Envisioning & Goal Setting , trainer: Ka Deti, Profile.

3. Performance: Competency & Confidence, trainer: ka Budijanto, Profile

II. High Order Thinking Skills

4. Critical Thinking , trainer: Ka Bagus, Profile.

5. Creativity & Innovation , trainer: Ka Henli, Profile.

6. Decision Making & Problem Solving , trainer: Ka Anis, Profile

III. Effective Behaviors & Emotional Intelligence

7. Time Management & Effective Habits , trainer: Ka David, Profile

8. Resilience & Perseverance, trainer: Ka Joan, Profile.

9. Personal Control & Stress-Awareness, trainer: Ka Joe, Profile.

IV. Interpersonal & Communication Skills

10. Interpersonal Skills, trainer: Ka Yudy, Profile.

11. Effective Communication, trainer: Ka Bayu, Profile.

12. Team Work & Conflict Management, trainer: Ka Devita, Profile.

 

EXTRA-CURRICULAR (tersedia di akhir program kurikulum di atas, Peserta mendapatkan sertifikat per modul)

EC01NATURAL ENERGY BOOSTER, trainer:  Ka dr. Grace  Profile.

EC02 MANNERS & ETIQUETTE & DRESSING FOR SUCCESS, trainer:  Ka Maeya Profile

EC03 FINANCIAL LITERACY, trainer: Ka Pras Profile.

EC04 SELF-CARE FOR SUCCESS, trainer: ka dr. Endah Profile.

Batch Pertama

Batch Kedua

WADUH… KELAS ILLSA SUDAH BERJALAN, SAYA BARU DAPAT INFONYA, MAU DAFTAR JUGA, GIMANA DONK??

JANGAN SEDIH….

Anda selalu bisa masuk kelas Self-Leadership & LifeSkills KAPANPUN. Tinggal langsung masuk saja di kelas TANGGAL TERDEKAT, nanti tinggal sambung lagi kelas-kelas yang ketinggalan di cycle berikutnya.

Contoh yaa… Anda ketinggalan kelas modul 01 di tanggal 05 Nov 2022, Bisa sambung lagi di tanggal 11 Maret 2023. Atau kalau misalnya Anda kelewat kalas modul 03 tanggal 19 Nov 2022, misalnya.. tenang.. langsung lanjut saja di kelas tanggal 25 Maret 2023.

So jangan ragu ya… langsung daftar saja.

Bagaimana jika ada jadwal kelas yang saya berhalangan hadir?

Tenang, jangan khawatir karena dalam 1 tahun tersedia tiga batches pelatihan sehingga Anda dapat mengikuti kelas di jadwal batch berikutnya.

Waktu belajar di bagi ke dalam dua bagian besar yaitu kelas Live, berinteraksi langsung dengan trainer (Synchronous) dan waktu belajar mandiri (Asynchronous). Waktu Belajar Synchronous adalah 2 jam per modul.

Total waktu Belajar Asynchronous adalah satu jam per modul terdiri dari 30 menit pre-read, materi berupa bahan bacaan akan diberikan sebelum kelas di mulai dan 30 menit mengerjakan tugas yang diberikan setelah kelas. Total Waktu belajar 3 jam per Modul.

Satu paket Program Leadership & Life-Skills Practitioner adalah 36 jam atau setara dengan kuliah 1 semester 1 mata kuliah 2 sks.

Special Offer Khusus BATCH 01!

Per SESI WEBINAR 1 modul

Tentunya Investasi lebih ringan lagi jika ikut paket program plus MENDAPAT SERTIFIKAT

APAKAH INVESTASI PELATIHAN DI SETIAP BATCH ILLSA SAMA?

TIDAK SAMA! Mengapa?

Karena promosi di setiap Batch bisa berbeda. Namun yang bisa kami janjikan, setiap penawaran kami selalu special.

Berikut ini adalah jadwal putaran pelatihan ke dua:

PROMO DI BATCH 2 YANG KAMI TAWARKAN ADALAH:

Rate Promo satu group Life-Skills (3 modules) Rp 300.000,-

Mendaftar DUA Group Life-Skills sekaligus (6 modules) FREE satu kelas ExtraCurricular, bebas pilih mau ikut kelas yang mana.

Mendaftar 1 paket Lengkap (hanya Rp 1.200.000), EMPAT Group Life-Skills sekaligus (12 modules) FREE DUA kelas ExtraCurricular, bebas pilih mau ikut kelas-kelas yang mana saja.

Program Life-Skills Training ini mendapatkan sertifikat dari LKP Integra Institute

Asyikkk kan…

Bagaimana jika saya mendaftar dua group life-skills dulu lalu di batch berikutnya baru sambung dua group life-skills lagi, apakah boleh?

TENTU BOLEH. Anda tetap bisa mendapatkan sertifikat DIKNAS jika sudah menyelesaikan Empat Group Life-Skills (12 modules) namun, akan dikenakan biaya administrasi Rp 100.000,- (Seratus Ribu Rupiah) ya kak. Biaya administrasi ini digratiskan jika Anda mendaftar paket lengkap sekaligus.

That’s WHY kak, langsung saja ikut program lengkap 12 modules. Selain mendapat manfaat komplit juga, dapat sertifikat nasional! Sampai Jumpa di kelas yaaa…

Mengikuti Program pelatihan 1 Seri Program Kompetensi (3 modul) akan mendapatkan sertifikat telah mengikuti pelatihan (Certificate of Accomplishment) dari LKP Integra Institute.

Mengikuti 1 paket lengkap program (4 Kelompok Kompetensi terdiri dari 12 modul), peserta akan mendapatkan SERTIFIKAT DARI DINAS PENDIDIKAN (Sertifikat Nasional Kursus dan Pelatihan yang dikeluarkan oleh Diknas Tangerang) sebagai Practitioner of Self-Leadership & Life Skills.

Untuk program Extra-Kurikuler, Peserta mendapat sertifikat untuk setiap program yang diikuti.

Selain ilmu dan keterampilan yang Anda dapatkan, tentunya sertifikat ini bermanfaat untuk melengkapi portfolio Anda seperti ketika mencari bea-siswa, melamar pekerjaan, dll

Mari Membangun Personal & Social Life Skills yang kuat sebagai Landasan untuk Mendaratkan Kesuksesan Hidup di Aspek Personal dan Professional. Harapan kami, dengan adanya progam Leadership & Life Skills ini, kita dapat berkontribusi membangun generasi bangsa yang lebih siap untuk membawa diri lebih baik dalam menjalani hidup, mampu memimpin diri sebelum menjadi pemimpin kelak, dapat mengatur diri sebelum mengatur orang lain sehingga menjadi pribadi yang siap sukses lahir dan batin.

Bagaimana persyarat mendapatkan sertifikat Diknas?

Anda perlu mengikuti kelas semua kelompok kompetensi life-skills (12 modul) dengan absensi kehadiran minimal 75% (total hadir mengikuti minimal 9 kelas) DAN mengumpulkan Assignment/ tugas/ jawaban soal yang diberikan setelah kelas berlangsung (diupload online minimal 9 tugas).

Logo Kemendikbud Laluahmad.com (Copy)
DISDIK hires

Saya mau daftar tapi sudah ketinggalan Life-Skills Group A di batch pertama, apakah saya harus menunggu batch kedua dan ikut dari awal?

Tenang, jika Anda ketinggalan salah satu kelompok Life-Skills di batch yang sedang berjalan, Anda dapat ikut materi yang ketinggalan tersebut di batch berikutnya. Materi-materi ke empat kelompok kompetensi ini sifatnya tidak harus berurutan belajarnya, boleh saja ikut group 03, 04 di batch pertama lalu sambung group kompetensi 01, 02 di batch kedua, dst.

Apakah jika saya mendaftar per kelompok kompetensi life-skills dan akhirnya terakumulasi ke-4 group life-skills yang dibutuhkan untuk mendapatkan sertifikat Nasional, saya bisa tetap mendapat sertifikat dari Diknas ?

BISA! Namun jika Anda tidak mendaftar 4 kelompok life-skills sekaligus, dan setelah mengakumulasikan semua kelompok life-skills baru mengklaim sertifikat Diknas, maka Anda dikenakan tambahan biaya administrasi Rp 100.000,- dengan waktu tunggu sertifikat max 2 bulan.

Bagaimana persyarat mendapatkan sertifikat Diknas?

Anda perlu mengikuti kelas semua kelompok kompetensi life-skills (12 modul) dengan absensi kehadiran minimal 75% (total hadir mengikuti minimal 9 kelas) DAN mengumpulkan Assignment/ tugas/ jawaban soal yang diberikan setelah kelas berlangsung (diupload online minimal 9 tugas).

Jika Anda SETUJU bahwa menguasai LIFE-SKILLS penting bagi generasi bangsa kita, Mohon bantuan Anda untuk meneruskan informasi pelatihan ini. TERIMA KASIH dan salam Sukses Sejahtera untuk Anda.

Apa Saja Kata Mereka yang Sudah Mengikuti Kelas Self-Leadership & Life-Skills Training ILLSA?